Cara Tercepat Agar Artikel Blog Cepat Terindex Google

Om Bagus - Cara Cepat Agar Artikel Blog Cepat Terindex Google, Halo sobat semua, pernah bingung nggak sih dan nyari tau gimana cara tercepat google atau search engine mengcrawl atau mengindeks postingan blog ataupun blog kita?
Cara Tercepat Agar Artikel Blog Cepat Terindex Google

Terindeks oleh search engine adalah hal yg sangat penting bagi kemajuan & perkembangan blog/website kita, tanpa di indeks blog akan kesepian pengunjung & terlihat mati meskipun kita menulis konten yg fresh & berkualitas tapi tetap konten akan seperti terkubur, nah disinilah pengetahuan SEO itu berfungsi agar konten pada blog dikenali & terindex oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing maupun search engine lainnya karena hampir 60% pengunjung akan datang dari mesin pencari, Ada beberapa teknik atau strategi yg harus kita terapkan agar cepat terindex. Berikut Ulasan selengkapnya!

Cara tercepat menurut admin pribadi dan sering admin pakai yakni submit url postingan kita kedalam https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url?pli=1 dan bing.com/toolbox/submit-site-url (lihat hasilnya baru 2 menit sudah terindeks dan nangkring di top one serp google)
Cara Tercepat Agar Artikel Blog Cepat Terindex Google

Submit Sitemap ke Search Engine Google
Sitemap adalah sebuah daftar isi yg menerangkan tentang apa yg ada pada blog/website, sitemap disini bukan daftar isi yg seperti ada pada halaman melainkan sitemap yg berupa XML, XML adalah sebuah bahasa yg hanya dimengerti oleh search engine. Utk pengguna Wordpress bisa membuat sitemap dgn plugin, & utk pengguna Blogspot biasanya sudah terintegrasi, seperti pada contoh dibawah.

https://omebagus.blogspot.co.id/sitemap.xml
https://omebagus.blogspot.co.id/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
https://omebagus.blogspot.co.id/feeds/posts/default?orderby=updated

Silahkan submit sitemap blog kita pada Google Webmaster Tools, utk Bing/Yahoo silahkan submit ke Bing Webmaster Tools

Link Building Agar Postingan Cepat Terindex Mesin Pencari
Utk postingan cepat terindex, langkah selanjutnya kita harus membangun link ke halaman post kita, jangan hanya mencari link mengarah ke homepage saja, carilah link dofollow yg mengarah ke dalam konten kita. Hal ini juga akan membuat blog menjadi populer & terpercaya di mata search engine, mesin pencari seperti Google sangat senang dgn blog/web yg mempunyai link dofollow yg relevan yg mengarah ke halaman blog & Google Pagerank pun bisa kita dapatkan.

Cara Cepat Terdeteksi Google Dgn Social Bookmarking/Social Media
Cara Cepat Terdeteksi Google Dgn Social Bookmarking/Social Media
Salah satu cara yg sangat cepat agar blog terindex mesin pencari adalah dgn membagikan (share) konten pada situs social media atau social bookmark yg banyak di jumpai sekarang ini seperti Google+, Twitter, Facebook, Linkedin, Pinterest, dll. Selain itu blog juga akan mendapatkan traffic dari situs social media tersebut.

Internal Linking dlm Halaman Blog/Website
Jika kita ingin halaman baru pada situs diindeks cepat maka internal linking akan menjadi sangat berguna. Sebutkan halaman baru kita dgn anchor text link, & perbarui (update) halaman yg sudah terindeks sebelumnya dgn menyertakan link ke halaman baru (pastikan pembahasan pada konten kita sebelumnya cocok dgn konten kita yg baru).

Linking halaman situs bukan hanya tentang membangun external backlink. Hal yg sangat penting juga adalah membangun link dlm website (internal linking) yg akan mengingatkan mesin pencari tentang kehadiran konten baru pada situs kita.

Ping website/blog utk memanggil Google/Bing spider
Ping pada mulanya merupakan metode utk blogger utk memperingatkan mesin pencari pada konten baru di blog mereka. Namun, telah berkembang di mana setiap orang dapat menggunakannya utk memperbarui (update) bukan hanya blog tapi juga website tradisional

Ping adalah sarana yg sangat berguna memperingatkan mesin pencari & direktori utk pembaruan dlm konten website kita.

Ada banyak situs layanan ping online yg tersedia. Beberapa yg terbaik yg saya ketahui adalah:

pingoat.com
pingler.com
pingomatic.com

Komentar Pada Blog Agar Cepat Terindex Search Engine
Blog dgn pembaca yg aktif & banyak konten baru akan di crawled secara teratur oleh search engine, dgn berkomentar pada blog seperti itu maka kita akan mendapatkan imbas dari popularitasnya & akan mendapatkan halaman sendiri diindeks dgn cepat. Cobalah mengomentari posting terakhir pada blog-blog yg sudah terkenal & mempunyai ranking tinggi, ini adalah cara yg sangat efektif utk mendapatkan halaman baru diindeks cepat & pastikan bahwa kita menggunakan halaman yg ingin diindeks sebagai URL website ketika berkomentar tidak hanya halaman muka (homepage) saja.

Update Konten Artikel Blog/Website Secara Teratur
Cara Tercepat Agar Artikel Blog Cepat Terindex Google

Pastikan kita memperbarui situs atau website secara teratur, konten atau artikel yg fresh adalah penting utk mendapatkan halaman baru diindeks. Jika konten/postingan yg ada pada blog sudah basi maka search engine tidak akan menjelajahi (crawl) blog secara teratur, Di sisi lain, jika kita menjaga blog tetap segar & diperbarui (meskipun memperbarui halaman indeks) maka spider mesin pencari akan terus datang kembali. Sebagai alasan kenapa banyak blog mempunyai peringkat baik & artikel nya terindeks cepat tidak lain adalah karena si pemilik blog sering memperbarui situs mereka dgn konten atau postingan baru yg segar.

Mobile Friendly & Responsive Design
Tidak bisa dipungkiri lagi, pengguna gadget smartphone & tablet sekarang sudah melebihi dari pengguna komputer PC & laptop, maka wajib bagi kita sekarang utk mengubah template lama kita agar responsive & mobile friendly agar visitor yg berkunjung ke situs/blog kita tidak kesusahan utk membaca konten yg ada di blog kita, apalagi sekarang Google sudah menerapkan algoritma HAWK yg meharuskan kita utk membuat website/blog yg mobile friendly & tentu saja ini akan berpengaruh besar pada SEO Onpage & ranking kita di Google search khususnya mobile search. Jadi buat kita yg masih menggunakan template lama silahkan di-upgrade agar bisa mobile friendly & agar cepat terindeks Google, beberapa hari yg lalu saya pernah me-review premium responsive & SEO friendly Blogger template yg saya pakai di blog saya ini, & utk tampilannya lumayan bagus & elegan.

Itulah beberapa tips seo tentang cara agar blog terindex cepat oleh search engine/mesin pencari sesuai dgn pengalaman om bagus, kalau ada kekurangan & saran lain bisa disampaikan melalui komentar

Tag : Blogging, Cara, Tips
Back To Top