Mau Mudik! Baca Ini Yuk Agar Mudik Kita Aman dan Lancar

Om Bagus - Tips Agar Mudik Kita Aman dan Lancar, lebaran sudah dekat, yg dikota sudah mau bersiap-siap untuk mudik atau pulang kampung halaman. Sudah sejak jaman dahulu masyarakat indonesia yg ada di kota sudah melakukan tradisi mudik ini. Panas-panasan & Macet dijalan bukanlah rintangan. Perjalanan yg jauh dan lamapun dijabanin agar bisa bertemu dgn keluarga yg ada dikampung halaman. Nah, bagi kalian yg ingin mudik dgn kendaraan pribadi, admin punya tips ringan nih yg perlu dipersiapkan agar perjalanan mudik kita menjadi aman & nyaman.
Tips Mudik Aman dan Nyaman

1. Buat Daftar barang-barang bawaan

Tips mudik pertama yakni buatlah daftar barang yg akan kita bawa selama mudik. Beberapa hari sebelum berangkat, kita haruslah sudah buatlah daftar barang-barang yg akan dibawa. Lakukanlah ini sebelum kita mulai beberes. Daftar barang bawaan akan meminimalisasi kemungkinan lupa. Buatlah daftar dimulai dari barang-barang yg paling penting, penting, kurang penting, & tdak penting.

2. Cek kondisi kendaraan kita
Tips Mudik Aman dan Nyaman
Yang kedua yakni cek kendaraan kita. Kendaraan merupakan hal terpenting atau tulang punggung perjalanan mudik kita. Oleh karena itu, pastikan kendaraan kita (mobil atau motor) siap digunakan utk perjalanan jauh. Kalau saya sendiri sangat merekomendasikan utk membawa kendaraan kita kebengkel resmi utk diperiksa secara menyeluruh agar mudik kita aman & nyaman.

3. Cek perlengkapan kendaraan

Pastikan seluruh peralatan tambahan pada kendaraan kita tersedia. Jangan sampai jika terjadi keadaan darurat kita tdak menemukan dongkrak, obeng, tang, kunci pas, & lain-lain di dalam kendaraan.

4. Bawalah sparepart cadangan

Jangan abaikan soal yg satu ini. Kita tdak pernah tahu apa yg akan terjadi dalam perjalanan panjang. Pastikan busi, sekring, tali rem, tali kopling, ban, & sejumlah sparepart cadangan lainnya ada di dalam kendaraan kita.

5. Kotak P3K
Tips Mudik Aman dan Nyaman

Yang Ini haruslah tidak boleh ketinggalan. Periksa kembali kelengkapan isi kotak P3K kita. Minyak angin, rheumason, betadine, & obat sakit kepala adalah beberapa hal yg harus ada di dalam kotak pertolongan pertama itu. Periksa kembali apakah obat-obatan yg ada sudah kedaluwarsa atau tdak. kita juga bisa menambahkan dgn obat-obatan lain.

6. Hiburan

Macet adalah rintangan utama yg tdak mungkin kita hindari dalam perjalanan mudik. Ada baiknya kita mempertimbangkan utk membawa barang-barang yg sekiranya dapat menghibur kita dari kebosanan. Koleksi kaset, CD, MP3 atau buku biasanya jadi teman setia dalam perjalanan.

7. Peta

Banyak perusahaan jasa atau institusi swasta menyediakan peta jalur mudik. Carilah informasi di mana kita bisa mendapatkan peta itu. Biasanya, peta-peta yg dibuat khusus utk mudik memuat sejumlah informasi yg dibutuhkan, seperti pom bensin, bengkel, posko Lebaran, & kondisi jalan.

8. Layanan gratis otomotif

Perusahaan otomotif biasanya membuka posko layanan gratis di sejumlah titik tertentu di jalur mudik. Mereka juga biasanya menyediakan satu nomor darurat yg bisa dihubungi jika kita mendapat masalah dgn kendaran kita. Carilah informasi di manakah posko-posko itu berada.

9. Baterai & pulsa
Tips Mudik Aman dan Nyaman
Telepon seluler kini tak bisa dilepaskan dari kehidupan kita. Pastikan baterai & pulsa telepon seluler kita dalam kondisi penuh. Jangan sampai terjadi, dalam keadaan darurat telepon kita tdak bisa digunakan.

10. Kondisi tubuh
Tips Mudik Aman dan Nyaman
Tdak hanya kendaraan yg perlu disiapkan, kondisi badan kita juga perlu mendapat perhatian. Perjalanan panjang membutuhkan kondisi badan yg prima. Pastikan kita dalam kondisi fit sebelum memulai perjalanan jauh. Jika mengantuk, berhentilah utk beristirahat. Dianjurkan agar kita beristirahat setiap empat jam.

Nah itu dia kawan Tips Agar Mudik Kita Aman dan Lancar, semoga postingan admin ini bermanfaat, jika ingin mudik berdoalah dahulu sebelum berangkat agar nanti dijalan bisa selamat sampai tujuan. Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, dan selamat berlibur & selamat berlebaran guys.
Tag : Lifestyle, Tips
Back To Top